Menu Close

Ini Pentingnya Memilih Pinjaman Online Yang Terdaftar Pada Ojk

Saat ini, terdapat banyak sekali pilihan platform pinjaman online (pinjol) yang sanggup dipilih jikalau kita membutuhkan dana dengan cepat. Bahkan, terdapat yang terafiliasi menggunakan bank-bank eksklusif. Tapi, sebelum tetapkan meminjam menurut pinjol, pastikan dulu kamu memilih pinjaman online yg terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya!
Pernahkah kamu meminjam di pinjol? Kalau pernah, bagaimana cara kamu menentukan pinjol tersebut menurut sekian banyak platform pinjaman online yg ada? Apakah engkaumemilihnya dari review nasabah, terpesona iming-iming bunga rendah, atau memilihnya secara acak?
Bagaimanapun caranya, gampang-mudahan engkaumemilih pinjol yang telah terdaftar atau berizin di OJK ya. Kenapa? Simak nih sebab.1. Besaran bunga & hukuman yang sudah diatur
Apakah engkauseringkali mendengar fakta terdapat nasabah yang mengadu lantaran merasa dirugikan dampak besarnya hukuman bunga keterlambatan pembayaran?
Nah, OJK menyatakan bunga pinjol tidak boleh lebih besardari 0,8 % per hari atau 24 persen sebulan. Hal ini memang nir diatur dalam regulasi spesifik, tetapi merupakan bagian berdasarkan kode etik yg disusun oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sebelumnya, banyak pinjol yg menerapkan bunga 1 % per hari.
Selain itu, dendayang dibebankan ke peminjam pula ditetapkan aporisma 100 persen menurut pokok. Misalnya, jikalau engkaumeminjam Rp 1 juta dan terjadi tunggakan cicilan, maka hukuman maksimalnya adalah Rp 1 juta. Jadi, secara total yg wajibkamu bayarkan ke pinjol merupakan Rp 2 juta.

4 Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya)2. Data dijamin aman
Alasan kedua kenapa engkauwajibmemilih pinjaman online yang terdaftar pada OJK merupakan agar data kamu kondusif. Selain kasus bunga & hukuman, keluhan lain yg acapkali disampaikan nasabah pinjol merupakan cara penagihan yg tidak sopan atau bahkan teror berdasarkan debt collector.
Tidak sedikit juga yang mengaku pihak pinjol menghubungi nomortelepon yg ada di daftar hubungan handphone peminjam tanpa sepengetahuan maupun seizin peminjam. Dengan kata lain, pinjol tadi meretas data kontak handphone peminjam.
Sejak 2019, hal ini sudah dihentikan dilakukan oleh anggota AFPI. Seperti halnya masalah bunga, hal ini jua tercantum di pada kode etik asosiasi dan sanggup menerima hukuman jikalau dilanggar.
Pinjol yang tidak terdaftar atau berizin di OJK sudah pasti statusnya ilegal. Lantaran ilegal, OJK nir mampu mendeteksi atau memberi hukuman apapun terhadap pinjol tersebut kalau terdapat kasus yg ada. Ujung-ujungnya, kamu juga yang sebagai korban.
Aplikasi dan sistem elektro pinjol ilegal tersebut juga nantinya akan diblokir oleh instansi terkait, dalam hal ini Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo).
Benarkah Utang Pinjaman Online Ilegal Tak Perlu Dibayar?)
Untuk data terakhir pinjol apa saja yang sudah terdaftar dan berizin pada OJK, engkausanggup mengeceknya langsung di situs OJK. Datanya bisa berubah setiap bulan lantaran umumnya OJK melakukan update setiap bulan. Bisa saja ada pinjol yang sebelumnya telah terdaftar, tetapi lalu hilang pada data bulan berikutnya.Beda Terdaftar & Berizin
Hilangnya nama pinjol dari data status terdaftar dan berizin ini sanggup terjadi jika pinjol tersebut nir mengajukan perizinan sampai batas waktu yang ditetapkan. Status terdaftar dan berizin ini memang tidak selaras. Apa bedanya?
Sebelum menjalankan kegiatan operasionalnya, penyelenggara pinjol harus mendapatkan tanda terdaftar menurut OJK. Setelah itu, aporisma satu tahun sesudah mendapatkan indikasi terdaftar, pinjol tersebut harus mengajukan permohonan perizinan ke OJK kalau mau melanjutkan operasionalnya.
Jadi, kalau pinjol tersebut tidak mengajukan permohonan perizinan setelah satu tahun, pinjol ini harus mengembalikan pertanda terdaftarnya ke OJK dan tanda terdaftarnya dinyatakan batal. Pinjol yg tanda terdaftarnya sudah dinyatakan batal nir mampu lagi mengajukan permohonan terdaftar ke OJK. Mereka juga tidak bisa beroperasi lagi dan wajibmerampungkan hak serta kewajiban para peminjamnya sesuai surat pernyataan rencana Pinjaman online terdaftar OJK penyelesaian.
Nah, di sinilah perbedaannya menggunakan pinjol yang telah berizin. Pinjol yang sudah mendapat status berizin tidak mempunyai masa kedaluwarsa atas tanda berizin yg dimilikinya. Jadi, selama mereka beroperasi sinkron ketentuan yg berlaku, pinjaman & data engkausemestinya kondusif pada pinjol-pinjol ini.Syarat Pinjaman Online Terdaftar di OJK
Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pinjol supaya bisa terdaftar pada OJK, yaitu:Mengisi dokumen registrasiMengirimkan berkas pendaftaran Lolos proses pembuktian berkasLolos live demo & evaluasi kesesuaianDi termin ini, pinjol wajibmempresentasikan contoh bisnisnya & melakukan simulasi sistemnya. OJK pula melakukan penilaian dan uji kesesuaian terhadap pemilik, direksi, & dewan komisaris pinjol tersebut.Lolos site visitOJK akan mengunjungi kantor pinjol & mempelajari kesiapan operasionalnya. Oleh karenanya, pinjol harus memiliki tempat kerja fisik yg representatif.
Sebagai bentuk pengawasan sesudah beroperasi, pinjol harus menaruh laporan terpola ke OJK, yg berupa laporan bulanan, laporan tiga bulanan, dan laporan tahunan. Seperti halnya yg berlaku di forum keuangan lainnya, pinjol pula harus melapor setiap ada perubahan di jajaran manajemen, produk atau layanan sistem elektronik, nama dan alamat perusahaan, atau kolaborasi lain yg terkait menggunakan penagihan & pemasaran.
Informasi lebih lebih jelasnya mengenai tata cara pendaftarandan apa yg boleh serta nir boleh dilakukan pinjol sanggup kamu cek pada sini.
Bagaimana, sudah lebih paham mengenai pentingnya menentukan pinjaman online yang terdaftar atau berizin pada OJK? Meski begitu, tetap hati-hati tiap meminjam uang ya. Selalu sesuaikan menggunakan kebutuhan & kemampuanmu, ok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *